SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Teknik Akrostik Dalam Pembelajaran Karya Sastra Siswa Kelas XI Bahasa, Sastra Dan Budaya Umum (BSBU) SMA Negeri 6 Malang

Fransiska Ryani

Abstrak


ABSTRAK

 

Ryani, Fransiska. 2017. Penerapan Teknik Akrostik Dalam Pembelajaran Karya    Sastra Siswa       Kelas XI Bahasa, Sastra Dan Budaya Umum  (BSBU) SMA       Negeri 6 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra                 Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sawitri Retnantiti, M. Pd.

 

Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Pembelajaran Karya Sastra, Teknik Pembelajaran Akrostik

 

Pembelajaran karya sastra merupakan pembelajaran yang baru tercantum dalam kurikulum 2013. Dalam penelitian ini, pembelajaran  karya sastra difokuskan  pada menulis puisi dengan menggunakan teknik Akrostik. Teknik Akrostik merupakan salah satu  teknik menulis dengan menggunakan nama benda atau nama orang yang diletakkan secara vertikal dan membentuk kata atau kalimat baru. Tujuan pembelajaran karya sastra ini mencakup Kompetensi Dasar 3.5 dan 4. 5 dalam Silabus Bahasa Jerman kurikulum 2013.

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik akrostik dalam pembelajaran karya sastra, mengetahui respon guru dan siswa terhadap penerapan teknik akrostik dalam pembelajaran karya dengan menggunakan teknik akrostik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 12 orang siswa kelas XI BSBU SMA Negeri 6 Malang. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen pedoman observasi, angket. Analisis data menggunakan analisis kualitatif.

            Simpulan penelitian ini adalah siswa mampu menulis puisi akrostik sesuai dengan waktu yang ditentukan. Namun terdapat kekurangan yang ditemukan yaitu kosakata bahasa Jerman yang dimiliki siswa masih di tingkat dasar. Teknik akrostikdapat memotivasi dan mempermudah siswa dalam menulis puisi, serta melatih kemampuan siswa dalam mengingat kosakata.