SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kesalahan Analisis Kalimat Bahasa Jerman Berdasarkan Tata bahasa DUDEN oleh Mahasiswa Sastra Jerman Universitas Negeri Malang pada Matakuliah Deutsche Syntax

Wajihan Nasichun Amin

Abstrak


ABSTRAK

 

Amin, Wajihan Nasichun. 2017. Kesalahan Analisis Kalimat Bahasa Jerman Berdasarkan Tata bahasa DUDEN oleh Mahasiswa Sastra Jerman Universitas Negeri Malang pada Matakuliah Deutsche Syntax. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Herri Akhmad Bukhori, M.A., M.Hum.

 

Kata Kunci: Analisis kalimat, tata bahasa DUDEN, Deutsche Syntax

 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk - bentuk kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang dalam menganalisis kalimat bahasa Jerman berdasarkan tata bahasa DUDEN dan (2) mengidentifikasi faktor - faktor yang menyebabkan mahasiswa melakukan kesalahan tersebut.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang Angkatan 2015 offering A, B dan C yang telah menempuh matakuliah Deutsche Syntax dengan jumlah 54 mahasiswa. Data dalam penelitian ini adalah kesalahan yang dihasilkan dari proses analisis kalimat bahasa Jerman oleh mahasiswa berdasarkan tata bahasa DUDEN dan hasil wawancara dengan mahasiswa sebagai data pendukung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah perangkat tes dan panduan wawancara.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa masih melakukan kesalahan dalam menganalisis kalimat bahasa Jerman berdasarkan tata bahasa DUDEN. Bentuk kesalahan tersebut yaitu menganalisis bagian - bagian dari kalimat atau Wortstellung yang mencakup (1) Vorfeld, (2) linke Klammer, (3) Mittelfeld, (4) rechte Klammer, dan (5) Nachfeld tidak sesuai dengan syarat atau ketentuan yang ada dalam kalimat bahasa Jerman yang dianalisis.

Faktor penyebab mahasiswa melakukan kesalahan analisis adalah (1) kurangnya pemahaman terhadap konsep dan materi tata bahasa DUDEN, (2) mahasiswa lupa mengenai materi dan konsep tata bahasa DUDEN, (3) mahasiswa tidak memahami arti dari kalimat bahasa Jerman yang diberikan, (4) kurang memahami maksud dari kalimat bahasa Jerman yang dianalisis, (5) kurangnya berlatih menganalisis bagian - bagian dari kalimat bahasa Jerman atau Wortstellung yang terdiri dari Vorfeld, linke Klammer, Mittelfeld, rechte Klammer, dan Nachfeld, dan (6) tidak hafal urutan - urutan dari Wortstellung yang benar sesuai konsep.