SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Visualisasi Materi Berbasis Animasi Motion Graphic untuk Mata Kuliah Telaah Pranata Masyarakat Jerman II

Hifdzullah Iman Lanamindo

Abstrak


ABSTRAK

 

Lanamindo, Hifdzullah Iman. 2017. Visualisasi Materi Berbasis Animasi Motion Graphic untuk Mata Kuliah Telaah Pranata Masyarakat Jerman II. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Rizman Usman, M.Pd.

 

Kata kunci: visualisasi,animasi motion graphic, telaah pranata masyarakat Jerman

Visualisasi materi merupakan salah satu inovasi dalam pembelajaran yang memanfaatkan kemajuan teknologi. Visualisasi membuat materi menjadi lebih mudah dipahami, lebih menarik, dan meningkatkan semangat belajar. Materi divisualisasikan dalam bentuk video animasi motion graphic yang disertai gambar-gambar dan diberi efek-efek tertentu, seperti efek bergerak, membesar atau mengecil, blur, dll. Materi yang divisualisasikan adalah materi pada mata kuliah Telaah Pranata Masyarakat Jerman II dengan tema Wohnung dan Essen und Trinken.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tanggapan mahasiswa tentang visualisasi materi, tingkat pemahaman materi pada video dan kelayakan penggunaan visualisasi materi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Jerman angkatan 2016 dan sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa offering A angkatan 2016. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Selain itu, Focus Group Discussion (FGD) digunakan untuk mengumpulkan kritik dan saran mahasiswa. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video visualisasi meningkatkan semangat belajar dan materi menjadi lebih mudah dipahami. Visualisasi materi juga layak disajikan dalam proses pembelajaran sebagai bentuk inovasi dalam menyampaikan materi.