SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Kuis Bahasa Jerman „Erkenne die Leute“ Berbasis Desktop sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Kelas X di SMA

Diky Yanuar Ikhsan

Abstrak


ABSTRAK

 

Ikhsan, Yanuar Diky. 2017. Pengembangan Media Kuis Bahasa Jerman „Erkenne die Leute“ Berbasis Desktop sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Kelas X di SMA. Skripsi. Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Rizman Usman, M.Pd.

 

Kata kunci: media pembelajaran, kennenlernen, kuis, desktop, bahasa Jerman

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kuis pembelajaran berbasis desktop atau komputer dengan tema kennenlernen untuk kemampuan penguasaan bahasa Jerman awal siswa kelas X SMA. Produk media pembelajaran ini dikembangkan dengan program Adobe Flash CS.6 yang dapat dioperasikan melalui komputer atau laptop.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research & Development). Model penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini diadaptasi dari model penelitian dan pengembangan Sugiyono. Prosedur yang dilakukan melalui tujuh tahap (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, dan (7) revisi produk. Validasi media dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba dilakukan di SMA Negeri 9 Malang dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 9 Malang yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dalam pengembangan ini menggunakan angket dan wawancara.

Hasil penelitian ini adalah media berupa aplikasi yang dapat dijalankan pada komputer atau laptop dengan nama aplikasi “Erkenne die Leute”. Aplikasi ini terdiri dari 4 bagian menu yaitu petunjuk penggunaan, informasi terkait media, dan biografi pengembang. Bagian pokok terdiri dari Redemittel dan latihan soal. Pada latihan soal terbagi menjadi dua yaitu sich vorstellen dan andere vorstellen. Pada masing-masing latihan soal terdapat dua tipe varian soal, yaitu multiple choice dan drag & drop. Pada bagian akhir permainan akan muncul poin hasil dari permainan, sehingga media ini dapat digunakan siswa untuk belajar mandiri.

Berdasarkan hasil persentase uji kelayakan tingkat validitas yang diperoleh media ini secara keseluruhan yaitu, 80% dari ahli media. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media ini sangat valid dari segi produk serta 86.1% dari ahli materi. Dapat disimpulkan bahwa media ini juga sangat valid dari segi materi. Hasil wawancara guru, media kuis „Erkenne die Leute“ dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran dalam kelas. Berdasarkan hasil wawancara siswa media ini cukup menarik. Dengan demikian, media yang dikembangkan layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran bagi siswa.