SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Visualisasi Materi Pembelajaran Pada Matakuliah Evaluasi Pengajaran Bahasa Jerman sebagai Variasi Mengajar di Abad 21

Dhea Ayu Anggita

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman mahasiswa terhadap materi Evaluasi Pengajaran Bahasa Jerman (EPBJ) melalui video visualisasi materi EPBJ sebagai variasi dalam pembelajaran di Abad 21 dan kelayakan video visualisasi materi EPBJ sebagai variasi dalam pembelajaran di Abad 21.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Data berupa angka yang didapatkan dari tes dan angket yang dideskripsikan menggunakan teknik statistik deskriptif yang  diperkuat dengan data yang didapatkan dari FGD. Populasi dan sampel penelitian ini yaitu mahasiswa matakuliah Evaluasi Pengajaran Bahasa Jerman, Offering A jurusan Sastra Jerman, Universitas Negeri Malang.

 

Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa mahasiswa dapat mempelajari materi EPBJ melalui visualisasi berupa gambar, tabel,bagan, animasi, warna,fitur zoom in dan zoom outdan audiodalam video visualisasi. Dari hasil angket dan FGD diperoleh hasil bahwa video visualisasi materi EPBJ cukup layak sebagai variasi mengajar di Abad 21.