SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Buku Pop Up untuk Pembelajaran Karya Sastra di Kelas XI SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo

Rosyidiana Nurhayati

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurhayati, Rosyidiana. 2017. Pengembangan Media Buku Pop Up untuk Pembelajaran Karya Sastra Bahasa Jerman di Kelas XI SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Lilis Afifah, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci : pengembangan, media buku pop up, pembelajaran karya sastra bahasa Jerman

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan  media buku pop up bagi pembelajaran karya sastra di SMA. Materi yang disajikan dalam media ini memuat tema Alltagsleben (kehidupan sehari-hari) yang diajarkan di kelas XI semester genap sesuai dengan silabus pembelajaran bahasa Jerman pada kurikulum 2013. Buku pop up ini berisi materi puisi, dongeng, serta soal latihan yang dilengkapi dengan ilustrasi gambar representasi dalam bentuk tiga dimensi.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dari Sugiyono. Pengembang memodifikasi sepuluh langkah menjadi tujuh langkah. Ketujuh langkah itu adalah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba pemakaian, dan revisi produk. Data dikumpulkan melalui angket yang menggunakan skala Likert. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif persentase.

 

Berdasarkan data yang diperoleh, media buku pop up mendapat penilaian sebesar 96,25% dari ahli materi, 89,6% dari ahli media, dan 84,9% dari subjek uji coba. Rata-rata persentase dari data keseluruhan yang diperoleh adalah 91,75%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku pop up layak digunakan sebagai media pembelajaran karya sastra bahasa Jerman di kelas XI. Media buku pop up ini dapat membantu guru dalam menyampaikan materi karya sastra untuk tema Alltagsleben (kehidupan sehari-hari). Selain itu, buku pop up ini dapat dijadikan sebagai sarana pembelajaran bahasa Jerman yang kreatif dan menarik untuk siswa.