SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Permainan Bingo+ untuk Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas XII IPS Lintas Minat-Jerman SMA Negeri 5 Malang

Wahyu Esthi Rahmawati

Abstrak


ABSTRAK

Rahmawati, Wahyu Esthi. 2017. Penerapan Permainan Bingo+ untuk Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas XII IPS Lintas Minat-Jerman SMA Negeri 5 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Lilis Afifah S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: media pembelajaran, permainan Bingo, keterampilan berbicara

Media pembelajaran menjadi salah satu faktor penting dalam proses pembelajaran. Seorang pendidik memiliki peran penting dalam pemilihan media tersebut. Media yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan peserta didik agar tujuan pembelajaran yang telah direncanakan dapat tercapai. Bingo+ merupakan salah satu media pembelajaran yang berbasis permainan. Permainan ini melatih keterampilan berbicara serta pemahaman gramatika peserta didik mengenai preposisi. Dalam penerapannya, peserta didik harus saling bertanya dan menjawab sesuai dengan kata yang telah dituliskan di setiap kotak Bingo+ serta dengan menggunakan preposisi yang tepat.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan media permainan Bingo+ serta mengetahui respon peserta didik kelas XII IPS Lintas Minat-Jerman SMA Negeri 5 Malang terhadap permainan ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. 15 orang peserta didik kelas XII IPS Lintas Minat-Jerman menjadi sumber data dalam penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan angket.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan Bingo+ di kelas XII IPS Lintas Minat-Jerman berjalan lancar. Bingo+ dapat meningkatkan keaktifan serta motivasi belajar peserta didik. Respon yang diberikan peserta didik juga cukup baik. Mereka dapat mengikuti permainan dengan baik dan sesuai aturan. Permainan ini membantu peserta didik untuk lebih memahami materi yang sedang dipelajari serta mempraktikkannya secara langsung. Berdasarkan hal tersebut, Bingo+  menjadi salah satu alternatif media pembelajaran berbasis permainan yang dapat digunakan untuk penyampaian serta pendalaman materi ajar.