SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

RESEPSI MAHASISWA JSJ UM ANGKATAN 2014 TERHADAP AMANAT DALAM DONGENG SCHNEEWITTCHEN KARYA BRUDER GRIMM

Imelda Bunga Jawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Jawan, Imelda Bunga. 2017. Resepsi Mahasiswa JSJ UM angkatan 2014 Terhadap amanat dalam Dongeng Schneewittchen Karya Brüder Grimm. Skripsi. Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Rosyidah, M. Pd.

 

Kata Kunci: Resepsi, Amanat, Dongeng Schneewittchen.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan resepsi mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang terhadap amanat dalam dongeng Schneewittchen karya Brüder Grimm. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kata-kata dari mahasiwa JSJ UM Offering B 2016 yang didapat dari hasil pengisian angket. Dalam penelitian ini, peneliti berperan sebagai instrumen kunci. Instrumen pendukungnya adalah angket.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dongeng Schneewittchen mendapat tanggapan positif dari mahasiswa JSJ UM Offering B angkatan 2014. Menurut mahasiswa JSJ UM Offering B 2014, ada 12 amanat atau pesan yang terkandung di dalam dongeng Schneewittchen, yaitu (1)  saling membantu, (2) tidak iri hati, (3) tidak sombong, (4) selalu berbuat baik, (5) tidak melakukan kejahatan kepada orang lain, (6) selalu menyayangi anggota keluarga baik kandung maupun tiri, (7) tidak mudah menerima pemberian dari orang asing, (8) berkata jujur, (9) mengakui perbuatan yang telah dilakukan, (10) tidak membenci keluarga sendiri, (11) tidak putus asa, dan (12) selalu berprasangkah baik kepada orang lain.