SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu pada ketrampilan berbicara bahasa Jerman kelas XI IPA 7 SMAN 9 Malang

Monica Gabriella Maitimo

Abstrak


ABSTRAK

 

Maitimo, Monica Gabriella. 2017. Penerapan model pembelajaran kooperatif  tipe tari bambu pada ketrampilan berbicara bahasa Jerman kelas XI IPA 7 SMAN 9 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Iwa Sobara S.Pd, M.A

 

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, tari bambu, keterampilan berbicara, bahasa Jerman

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Tari Bambu pada keterampilan berbicara bahasa Jerman di SMAN 9 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket dan observasi. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA 7 SMAN 9 Malang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran  Tari Bambu membuat pembelajaran lebih menarik. Alasannya adalah siswa lebih aktif, senang, dan tidak bosan dalam pembelajaran berbicara bahasa Jerman. Hal tersebut dibuktikan oleh hasil observasi dan hasil kuesioner yang menunjukkan tingkat keaktifan siswa.

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa teknik pembelajaran Tari Bambu dapat dijadikan sebagai suatu alternatif teknik pembelajaran yang dapat diterapkan dalam keterampilan berbicara. Model pembelajaran Tari Bambu bisa menjadi variasi pembelajaran bahasa Jerman untuk membuat pembelajaran lebih menarik. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Tari Bambu membawa dampak positif untuk keaktifan siswa saat berbicara bahasa Jerman di dalam kelas.