SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN TEMA ESSEN UND TRINKEN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 EDISI REVISI

Antonietta Gizela Dethan

Abstrak


ABSTRAK

 

Dethan, Antonietta Gizela. 2017. Pengembangan Instrumen Penilaian

Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Tema Essen und Trinken Berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Iwa Sobara, S.Pd., M.A.

 

Kata Kunci : pengembangan, instrumen penilaian, kurikulum 2013 edisi revisi.

Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian yang sesuai dengan Kurikulum 2013 edisi revisi. Kurikulum 2013 edisi revisi adalah  kurikulum 2013 yang telah direvisi tahun 2016 lalu. Instrumen penilaian yang dikembangkan adalah instrumen penilaian keterampilan berbicara bahasa Jerman pada tema Essen und Trinken. Subtema yang digunakan yaitu: (1) Einkaufen, (2) Bezahlung, (3) im Restaurant bestellen, dan (4) Mahlzeit. Materi tersebut diajarkan pada peserta didik kelas XI Semester Genap.

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Metode penelitian yang digunakan adalah tiga tahap hasil modifikasi dari Sukmadinata. Sukmadinata memodifikasi sepuluh tahap penelitian milik Borg & Gall. Tiga tahap tersebut yaitu: (1) Studi Pendahuluan, (2) Pengembangan Model, dan (3) Uji Model. Validasi dilakukan oleh dua orang guru bahasa Jerman SMA Katolik St. Albertus Malang selaku validator. Subyek coba pada pengembangan ini adalah peserta didik kelas XI Lintas Minat Bahasa Jerman 2 SMA Katolik St. Albertus Malang yang berjumlah 25 orang. Penelitian pengembangan ini menggunakan angket sebagai instrumen pengumpulan data.

 

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuder-Richardson 21. Berdasarkan hasil penghitungan pada angket validasi oleh dua orang validator didapatkan hasil kelayakan instrumen penilaian, yaitu 1,00. Angka tersebut berarti bahwa instrumen penilaian valid. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian, instrumen penilaian ini layak digunakan pada tema lainnya karena penjelasan jelas dan mudah dipahami.