SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Talking Chips Pada Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Kelas XI Bahasa SMA Laboratorium UM

Dessy Tri Wahyuningtyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahyuningtyas, Dessy Tri. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif  Talking Chips Pada Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Kelas XI Bahasa SMA Laboratorium UM. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Iwa Sobara, S.Pd, M.A.

 

Kata Kunci: model pembelajaran, Talking Chips, keterampilan berbicara.

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Talking Chips dan mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan model pembelajaran Talking Chips di kelas XI Bahasa SMA Laboratorium UM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 26 siswa kelas XI Bahasa SMA Laboratorium UM. Data diperoleh dari hasil observasi dan sebaran angket.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Chips dapat menumbuhkan rasa percaya diri siswa pada saat berbicara bahasa Jerman. Penerapan model pembelajaran juga menarik dan membuat suasana kelas menjadi menyenangkan. Selain itu, dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Talking Chips berjalan dengan lancar.

Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Chips dalam melatih kemampuan berbicara bahasa Jerman dan membuat situasi belajar bahasa Jerman di kelas lebih menyenangkan. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Talking Chips membawa dampak positif untuk siswa saat berbicara bahasa Jerman di dalam kelas.