SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MENULIS BAHASA JERMAN SISWA KELAS X BAHASA SMA NEGERI 1 LAWANG

Aqidatul Isma Fadyawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Fadyawati, Aqidatul Isma. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Project Based  

Learning Untuk Melatih Kemampuan Menulis Bahasa Jerman Siswa  

Kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Lawang.Skripsi, Jurusan Sastra Jerman,

Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Herri   

Akhmad B., M.A, M.Hum.

 

Kata kunci: model pembelajaran, Project Based Learning, kemampuan menulis, bahasa Jerman

  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk melatih kemampuan menulis serta reaksi siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Lawang terhadap model pembelajaran Project Based Learning. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data-data penelitian diperoleh dari data hasil observasi, data hasil angket, dan data hasil penilaian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Lawang.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning membuat sebagian besar siswa lebih aktif dan memudahkan siswa menulis dalam bahasa Jerman. Data-data yang dihasilkan menggambarkan bahwa siswa aktif, antusias, senang, dan bersemangat dalam pembelajaran Bahasa Jerman, terutama pada keterampilan menulis. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning berjalan lancar.

 

Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam melatih kemampuan menulis bahasa Jerman membuat siswa aktif dalam mengemukakan pendapat dan memudahkan siswa menulis dalam bahasa Jerman serta dapat membuat siswa bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.