SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Media Berbasis Mobile Application "Deutsche Modalverben" untuk Pembelajaran Mandiri Bahasa Jerman Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 7 Malang

Raras Atika Dewanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Dewanti, Raras Atika. 2017. Penerapan Media Berbasis Mobile

Application “Deutsche Modalverben” untuk Pembelajaran Mandiri Bahasa Jerman Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 7 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Iwa Sobara, S.Pd, M.A.

 

Kata kunci: Media pembelajaran, Mobile Application, Modalverben, Pembelajaran Mandiri

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan media berbasis mobile application “Deutsche Modalverben” untuk pembelajaran mandiri bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa di SMA Negeri 7 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data pada penelitian ini diambil dari data hasil observasi, angket, dan dokumentasi. Data hasil observasi, angket, dan dokumentasi dianalisis kemudian dipaparkan secara deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah 19 orang siswa kelas XI Bahasa di SMA Negeri 7 Malang.

 

Hasil penelitian pada penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran “Deutsche Modalverben” menarik untuk diterapkan pada siswa kelas XI Bahasa. Siswa kelas XI Bahasa telah mampu melakukan pembelajaran mandiri pada latihan soal materi Modalverben bahasa Jerman yang tersedia dalam aplikasi “Deutsche Modalverben”. Berdasarkan hasil latihan siswa, mayoritas siswa menjawab semua pertanyaan dengan benar. Berdasarkan angket yang diisi oleh siswa, siswa merasa antusias.