SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Program Percepatan untuk Alumni PASCH di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang

Adisty Frisca Tarisca

Abstrak


ABSTRAK

 

Tarisca, Adisty Frisca. 2017. Efektivitas Program Percepatan untuk Alumni PASCH di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Deddy Kurniawan, S.Pd., M.A.

 

Kata Kunci: efektivitas, program, PASCH, Jurusan Sastra Jerman, bahasa Jerman

PASCH merupakan sebuah proyek yang dicanangkan sejak tahun 2008 oleh Kementrian Luar Negeri Jerman. Proyek tersebut memiliki berbagai program, salah satu di antaranya adalah penyelenggaran ujian kebahasaan tingkat A1 hingga B2 bagi siswa-siswi mitra PASCH. Menyikapi proyek tersebut, Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang (JSJ UM) menciptakan program khusus untuk mahasiswa alumni sekolah PASCH yang diberi nama program percepatan dengan harapan mahasiswa dapat lulus lebih cepat dengan prestasi belajar yang baik. Beberapa faktor menjadi sebab munculnya permasalahan di dalam program percepatan. Oleh sebab itu, penelitian terkait efektivitas program percepatan di JSJ UM dilakukan.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan efektivitas jalannya program percepatan di JSJ UM dan persepsi serta proyeksi mahasiswa program percepatan terkait program tersebut. Hasil yang diperoleh diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi program, untuk kemudian dapat diambil keputusan yang berdampak pada kemajuan JSJ UM.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar dokumentasi hasil belajar mahasiswa dan lembar angket. Analisis yang dilakukan antara lain uji normalitas, uji homogenitas varians, independent t-test dan uji Mann Whitney. Selanjutnya interpretasi dan pembahasan data dilakukan.

 

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa program percepatan berjalan dengan efektif. Perbandingan prestasi belajar mahasiswa program percepatan terlihat lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa program nonpercepatan. Akan tetapi, program yang efektif tidak luput dari kekurangan dan kelebihan. Berdasarkan hasil angket yang diisi oleh mahasiswa program percepatan (angket dalam hal ini tidak menjadi fokus utama pengujian hipotesis), diketahui bahwa mahasiswa percepatan amat antusias dan yakin akan cepat menyelesaikan studi dengan program ini. Akan tetapi, selama proses program terus berjalan ditemukan bahwa keyakinan responden mulai berkurang dan muncul permasalahan-permasalahan yang dirasa menghambat.