SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Ketertarikan Mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang menjadi Tour Guide sebagai Pekerjaan Alternatif

Dara Ninggar Kaulika

Abstrak


ABSTRAK

 

Kaulika, Dara Ninggar. 2017. Ketertarikan Mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang menjadi Tour Guide sebagai Pekerjaan Alternatif. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Tiksno Widyatmoko, M. A.

 

Kata Kunci: ketertarikan, tour guide, kepariwisataan, praktik kerja lapangan, pekerjaan alternatif

 

Tujuan penelitian ini adalah: (1) memaparkan ketertarikan mahasiswa menjadi tour guide sebagai pekerjaan alternatif setelah lulus program studi, (2) mengetahui keterkaitan matakuliah Tourismus dan Praktik Kerja Lapangan (Deutsch im Beruf) terhadap minat mahasiswa menjadi tour guide sebagai pekerjaan alternatif setelah lulus program studi, (3) memaparkan faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa tertarik menjadi tour guide setelah lulus program studi.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data sekaligus objek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang angkatan 2013 yang tertarik menjadi tour guide sebagai pekerjaan alternatif setelah lulus program studi, yang telah teregristrasi secara akademik pada semester VIII tahun ajaran 2016/2017 dan telah mengikuti matakuliah Tourismus pada semester V, serta melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada semester VII.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dari 58 mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang angkatan 2013 yang telah menempuh matakuliah Tourismus dan melaksanakan PKL, hanya 22 mahasiswa yang tertarik menjadi tour guide sebagai pekerjaan alternatif setelah lulus program studi, (2) Matakuliah Tourismus dan Praktik Kerja Lapangan (PKL) memberikan informasi seputar dunia pariwisata dan pengalaman kerja, sehingga memberikan inspirasi kepada mahasiswa untuk bekerja di bidang pariwisata, khususnya tour guide, dan (3) Faktor-faktor yang melatarbelakangi mahasiswa tertarik menjadi tour guide adalah dapat berkomunikasi dengan orang asing, bertukar informasi tentang budaya serta dapat bepergian/ traveling sambil bekerja dalam satu waktu.