SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KUARTET BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATAKULIAH TELAAH PRANATA MASYARAKAT JERMAN 1

Clarita Eka Mulyana

Abstrak


ABSTRAK

 

Mulyana, Clarita Eka. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Kuartet Berbasis Augmented Reality Pada Matakuliah Telaah Pranata Masyarakat. Jerman 1. Pembimbing: M. Kharis, S.Pd., M.Hum.

 

Kata kunci: pengembangan media, kuartet, augmented reality, Telaah Pranata Masyarakat Jerman 1

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran untuk matakuliah Telaah Pranata Masyarakat Jerman I. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan dari ADDIE. Prosedur pengembangan yang dilakukan meliputi (1) Analisis (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi dan (5)  Evaluasi.

Data dalam penelitian ini terdiri dari data kualitatif yang dilengkapi dengan data kuantitatif. Data diperoleh dari ahli media,ahli materi dan subjek uji coba yang telah menempuh matakuliah Telaah Pranata Masyarakat Jerman 1. Subjek uji coba produk yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar.

Produk ini  membahas tentang Negara Berlin dengan 6 kajian tema yaitu Feste, Historische Orte, Sehenswürdigkeiten, Spezialitäten, Stadtbummeln, dan Verkehrsmittel und Unterkünfte. Media ini dilengkapi dengan barcode dan marker yang digunakan untuk melihat latihan soal dan bangunan 3D. Penggunaan media ini didukung oleh handphone android dan koneksi internet. Media ini dikembangkan dengan menggunakan beberapa perangkat lunak, yaitu pembuatan model tiga dimensi pada Google 3D Warehouse, Google  Sketch Up  dan Website Augment untuk mengedit video pada Adobe Premiere  dan Adobe After Effect, pembuatan barcode dibuat secara online melalui Qr Barcode Generator. Dengan demikian media  kuartet “Ich Liebe Berlin” yang berbasis augmented reality dapat digunakan sebagai media pendukung pembelajaran Telaah Pranata Masyarakat Jerman 1 dengan tema Berlin.