SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media “Deutsch-Elaf” untuk Keterampilan Berbicara pada Mata Kuliah ZIDS-Vorbereitung Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang

Emeraldo Latief Azizi Fahmi

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi Hello Talk untuk keterampilan Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media audio-visual sebagai alternatif media pembelajaran dalam mempersiapkan ujian ZiDS, khususnya pada keterampilan berbicara. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model milik Borg & Gall dan data hasil penelitian dianalisis secara kualitatif deskriptif. Produk video Deutsch-Elaf ini telah melalui tahap validasi yang dilakukan dua orang validator, yaitu satu orang ahli media pembelajaran dan satu ahli materi. Media Deutsch-Elaf ini juga sudah diujicobakan kepada 28 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman offering B angkatan 2015. Adapun data yang diperoleh dari penelitian ini berupa angket dari validator dan hasil observasi uji coba akhir mahasiswa.

Media Deutsch-Elaf merupakan video berbahasa Jerman yang berdurasi 15 menit 22 detik dan berformat (.avi). Video ini menampilkan adegan nyata saat mahasiswa sedang melakukan tes berbicara pada ujian ZiDS. Adegan tes berbicara teresebut dibagi menjadi tiga, yaitu Teil 1 perkenalan diri (sich vorstellen), Teil 2 monolog singkat (Erfahrungen beschreiben), dan Teil 3 dialog untuk merencanakan suatu kegiatan (informelle Diskussion). Pada setiap bagian tes ditampilkan penggunaan ungkapan komunikatif lisan (Redemittel) yang diucapkan oleh peserta ujian. Video ini juga dikemas dalam bentuk DVD beserta dengan buku pemanfaatan produk.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Deutsch-Elaf layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran pada mata kuliah ZiDS-Vorbereitung dalam mempersiapkan tes berbicara pada ujian ZiDS. Selain itu, media Deutsch-Elaf ini menampilkan situasi nyata dan telah memenuhi kriteria sebagai video pembelajaran.