SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemahaman Membaca Mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Terhadap Unsur Intrinsik Novel “Lea? Nein danke!”pada Matakuliah Deutsche Literatur

Thorry Nuzula Tri Romadhona

Abstrak


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemahaman mahasiswa Jurusan Sastra Jerman terhadap unsur intrinsik dalam novel “Lea? Nein danke!”. Novel tersebut merupakan salah satu karya sastra yang  ditelaah oleh mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang pada matakuliah Deutsche Literatur.

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti serta didukung oleh angket dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiwa offering B Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang yang sedang menempuh matakuliah Deutsche Literatur.

 

Berdasarkan hasil angket dan wawancara ditemukan bahwa mahasiswa merespon dengan baik novel “Lea? Nein danke!“. Mahasiswa dapat memahami  unsur intrinsik dalam novel “Lea? Nein danke!“ dengan  pendapat yang berbeda-beda tetapi masih sesuai dengan maksud dari penulis novel tersebut. Unsur intrinsik yang telah berhasil dipahami dikelompokkan ke dalam tiga pemahaman membaca yaitu membaca global yang terdiri dari tema, membaca selektif yang terdiri dari tokoh dan latar, serta membaca detail yang terdiri dari alur, penokohan, dan amanat. Dalam menentukan unsur intrinsik tersebut, mahasiswa mengalami kesulitan terutama dalam menentukan penokohan dan latar waktu dalam novel “Lea? Nein danke!“.