SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Melatih Penguasaan Gramatika Bahasa Jerman Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Lawang

Dyah Ayu Safitri

Abstrak


ABSTRAK

 

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning,  respons siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Lawang terhadap model Discovery Learning dan mendeskripsikan penguasaan gramatika siswa setelah model Discovery Learning diterapkan

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. subjek dalam penelitian ini adalah 34 siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Lawang. Data diperoleh dari data hasil observasi, data hasil angket dan data hasil penilaian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mampu menemukan aturan komparatif dan superlatif. Hasil observasi menunjukkan dengan jelas bahwa siswa antusias, aktif dan menikmati kegiatan pembelajaran. Hasil angket menunjukkan bahwa satu siswa merasa kurang setuju bahwa model Discovery Learning menyenangkan dan satu orang siswa lain menyatakan kurang setuju bahwa model Discovery Learning memudahkan dalam belajar komparatif . Adapun dari data penilaian menunjukkan bahwa seluruh kelompok berhasil mendapatkan skor maksimal meskipun dengan kecepatan yang berbeda.

 

Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model Discovery Learning dalam pembelajaran bahasa Jerman mampu membuat siswa aktif dan mampu menemukan aturan bentuk komparatif dan superlatif. Selain itu juga membuat siswa senang dan bersemangat mengikuti kegiatan pembelajaran, serta seluruh kelompok berhasil mendapatkan nilai yang maksimal dalam penilaian. Kekurangan dari penerapan model Discovery Learning adalah tidak semua siswa bisa melakukan penemuan serta kurangnya peneliti dalam menggunakan media pembelajaran.