SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Aplikasi Hello Talk untuk Keteramplian Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 7 Malang

Wildan Adlianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi Hello Talk untuk keterampilan menulis bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa di SMA Negeri 7 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa yang berjumlah 18 siswa dan guru bahasa Jerman. Data pada penelitian ini adalah dokumentasi hasil percakapan siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu dokumentasi hasil percakapan siswa. Dokumentasi hasil percakapan digunakan untuk mengetahui penggunaan Aplikasi Hello Talk, dan juga untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari aplikasi Hello Talk dalam pembelajaran.

Hasil penggunaan aplikasi Hello Talk  untuk keterampilan menulis bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 7 Malang menunjukkan bahwa (1) siswa tertarik dan termotivasi untuk menggunakan aplikasi Hello Talk (2) siswa senang bisa mendapatkan teman penutur asli bahasa Jerman. Terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh siswa, yaitu (a) jaringan internet yang tidak lancar (b) memory smartphone yang habis, sehingga tidak bisa mendownload aplikasi (c) tidak mendapatkan balasan atau slowrespon (d) kesalahan dalam penulisan, dan pemilihan kata yang kurang tepat pada saat chatting dengan penutur asli.

 

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa proses pembelajaran yang bervariasi akan lebih memotivasi siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. AplikasiHello Talkdapatdigunakansebagai alternatif media pembelajaran bahasaJerman di SMAN 7 Malang.