SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Keterampilan Membaca dan Berbicara Tema Alltagsleben Berdasarkan Kurikulum 2013 untuk Siswa Kelas XI SMAN 6 Malang

Frida Novita Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Modul merupakan salah satu bahan ajar yang berisi materi, latihan soal, dan evaluasi yang disusun secara sistematis dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa. Dalam pembelajaran bahasa asing modul dibutuhkan untuk membantu siswa memahami materi yang disampaikan dalam kegiatan belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran keterampilan membaca dan berbicara tema Alltagsleben. Modul kelas XI ini dikembangkan berdasarkan silabus yang terdapat dalam kurikulum 2013.

Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan oleh Sugiyono yang telah dimodifikasi oleh pengembang. Prosedur pengembangan dilakukan dalam tujuh tahap yaitu, (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk,  (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, dan (7) revisi produk. Data yang dihasilkan diperoleh dari hasil angket dan wawancara. Modul pembelajaran ini telah divalidasi oleh dua validator, yaitu ahli materi dan ahli desain. Selain itu, modul telah diujicobakan kepada siswa kelas XI Bahasa dan Budaya SMAN 6 Malang.

 

Berdasarkan hasil validasi ahli materi, modul dinyatakan valid dengan persentase 85,7%. Hasil validasi ahli desain modul dikatakan valid dengan persentase 90,3%. Dari kedua hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul valid dan dapat dipakai. Dari hasil wawancara kepada siswa diperoleh kesimpulan bahwa modul pembelajaran ini menarik dan bagus serta dapat membantu mereka dalam mempelajari bahasa Jerman.