SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Kartu Hit and Touch sebagai Media Pelengkap Pembelajaran pada Matakuliah Telaah Pranata Masyarakat Jerman II

Gunung Mahendra

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan sebuah media pembelajaran yang valid dan dapat diaplikasikan pada matakuliah Telaah Pranata Masyarakat Jerman II, sehingga dapat memudahkan proses pembelajaran. Nama media pembelajaran tersebut adalah kartu Hit and Touch.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitaif. Data penelitian berupa paparan kebahasaan diperoleh dari uji coba produk yang menyangkut subjek coba. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik wawancara dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan triangulasi data. Triangulasi data ini dilaksanakan dibawah pengawasan ahli materi dan ahli media.

 

Berdasarkan analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama, penilaian terkait revisi produk media pembelajaran dari segi desain oleh ahli media. Kedua, penilaian revisi produk media pembelajaran dari segi materi oleh ahli materi. Ketiga, penilaian revissi produk media pembelajaran berdasar hasil data yang disampaikan oleh subjek coba, yaitu mahasiswa offering B Jurusan Sastra Jerman angkatan 2016. Adapun hasil dari penelitian tersebut adalah media pembelajaran kartu Hit and Touch valid dan layak digunakan pada matakuliah Telaah Pranata Masyarakat Jerman II.