SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Bahasa Jerman untuk Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X Lintas Minat Utama SMA Negeri 6 Malang.

eirinda rizka kusuma

Abstrak


ABSTRAK

 

Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan modul bahasa Jerman yang dapat digunakan untuk membantu keterampilan berbicara bahasa Jerman kelas X SMA Negeri 6 Malang. Penelitian dan pengembangan ini merupakan adaptasi model pengembangan Sugiyono. Ada tujuh langkah/ prosedur dalam penelitian dan pengembangan ini, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) perbaikan desain, (6) uji coba produk, dan (7) revisi produk. Modul telah melalui tahap validasi oleh dua validator ahli materi yaitu dosen Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang dan guru pengampu mata pelajaran Bahasa Jerman SMA Negeri 6 Malang, serta diujicobakan kepada 22 siswa kelas X SMAN Negeri 6 Malang. Data diperoleh dari angket validator dan subjek uji coba.

 

Produk dari penelitian dan pengembangan ini adalah modul bahasa Jerman untuk kelas X yang digunakan untuk membantu keterampilan berbicara siswa dengan tema Schule. Ada empat subtema dalam modul, yaitu Gegenstände in der Schule, Stundenplan, Schulaktivitäten, dan Uhrzeit. Latihan dari masing-masing subtema meliputi tanya jawab dengan teman, menceritakan kembali hasil tanya jawab, dan menceritakan tentang diri sendiri. Latihan-latihan tersebut dapat membantu siswa dalam menguasai kosa kata dan merangsang/ mengaktifkan siswa untuk berbicara.