SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media “Mein Deutsch“ Berbasis Android Tema Kleidung untuk Pembelajaran Bahasa Jerman Niveau A1 di SMA

YUNITA . KRISWIDYAWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Kriswidyawati, Yunita. 2017. Pengembangan Media “Mein Deutsch“ Berbasis Android  Tema Kleidung untuk Pembelajaran Bahasa Jerman Niveau A1 di SMA. Skripsi, Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: M. Kharis, S.Pd., M.Hum.

 

Kata Kunci: Media pembelajaran, Android, Kleidung

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran “Mein Deutsch“ berbasis android tema Kleidung untuk siswa kelas XI Lintas Minat bahasa Jerman SMAN 1 Batu. Produk dikembangkan dengan program Adobe Flash CS 6 dan Adobe Photoshop CS 4. Media ini dioperasikan pada telepon genggam.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model penelitian dan pengembangan ADDIE. Validasi media dilakukan oleh ahli media dan dua ahli materi. Uji coba dilakukan dalam tiga tahap, yaitu uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar pada kelas XI Lintas Minat bahasa Jerman. Data diperoleh dari angket tertutup dengan skala likert.

Menurut langkah-langkah pengembangan dari ADDIE, telah dikembangkan media “Mein Deutsch“ untuk tema Kleidung. Media “Mein Deutsch“ dilengkapi dengan Redemittel, latihan soal yang beragam, gambar -gambar, serta disediakan audio untuk membantu pelafalan.

 

Berdasarkan hasil analisis data dari para ahli dan subjek uji coba diperoleh nilai kelayakan keseluruhan sebesar 85,8%. Hasil tersebut termasuk dalam kriteria sangat tinggi. Dengan demikian  media “Mein Deutsch“ berbasis android layak digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Jerman terkait tema Kleidung.