SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kesalahan Gramatika dalam Mündlicher Ausdruck oleh Mahasiswa Angkatan 2015 Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang

Zainab Musthofafi

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan gramatika khususnya infleksi yang dilakukan mahasiswa dalam Mündlicher Ausdruck pada matakuliah ZIDS-Vorbereitung. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa Offering B Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang angkatan 2015 yang sedang mengikuti matakuliah ZIDS-Vorbereitung. Adapun data dalam penelitian ini adalah ujaran yang mengandung kesalahan gramatika khususnya infleksi yang dilakukan oleh 31 mahasiswa Offering B Jurusan Sastra Jerman angkatan 2015 Universitas Negeri Malang pada saat berbicara dalam mata kuliah ZIDS. Untuk memperoleh data, peneliti sebagai instrumen utama dalam penelitian ini menggunakan instrumen bantuan, yaitu alat perekam data.

 

Hasil analisis menunjukkan bahwa masih ditemukan data yang berhubungan dengan kesalahan gramatika, khususnya infleksi. kesalahan tersebut diklasifikasikan menjadi lima kesalahan, yaitu (1) kesalahan deklinasi Possessivartikel, (2) kesalahan deklinasi Artikel, (3) kesalahan konjugasi verba, (4) kesalahan deklinasi adjektiva, dan (5) kesalahan bentuk tunggal dan jamak.