SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Resepsi Mahasiswa terhadap Aspek Budaya Jerman dalam Film Puenktchen und Anton pada Matakuliah Telaah Pranata Masyarakat Jerman II Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang

Anin Naimathus Sa'diya

Abstrak


ABSTRAK

 

Sa’diya, Anin Naimathus. 2017. Resepsi Mahasiswa terhadap Aspek Budaya Jerman dalam Film  Pünktchen und Anton  pada Matakuliah Telaah Pranata Masyarakat Jerman II Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dra. Rosyidah, M.Pd.

 

Kata Kunci: Resepsi, kebudayaan, nilai, film Pünktchen und Anton

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan resepsi mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang terhadap kebiasaan keluarga masyarakat Jerman pada film Pünktchen und Anton dalam matakuliah Telaah Pranata Masyarakat Jerman II dan mengidentifikasi nilai-nilai positif yang bisa diteladani oleh mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang dari film Pünktchen und Anton dalam matakuliah Telaah Pranata Masyarakat Jerman II. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kata-kata, frase-frase, dan kalimat-kalimat dari mahasiswa JSJ UM Offerring A 2016 yang didapat dari hasil pengisian angket. Dalam penelitian ini, peneliti adalah instrumen kunci. Instrumen pendukungnya adalah angket.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film Pünktchen und Anton mendapat tanggapan positif dari mahasiswa JSJ UM Offering A 2016. Film tersebut membantu mahasiswa untuk memahami materi terkait tema keluarga di dalam matakuliah Telaah Pranata Masyarakat Jerman II. Menurut mahasiswa JSJ UM Offering A 2016, ada tujuh kebiasaan keluarga masyarakat Jerman yang tergambar di dalam cerita film Pünktchen und Anton, yaitu (1) orang tua di Jerman sering menggunakan waktunya untuk bekerja, (2) keluarga yang kaya menggunakan pembantu untuk mengurus rumah dan pengasuh untuk menjaga anaknya, (3) anak-anak di Jerman memiliki keberanian menentang orang tuanya apabila merasa apa yang mereka lakukan itu benar, (4) orang-orang Jerman memiliki rasa tanggung jawab dan berani mengambil resiko, (5) keluarga di Jerman menggunakan waktu liburan musim panas sebagai momen untuk berkumpul dengan anggota keluarga, (6) ada kesenjangan sosial antara keluarga yang kaya dengan keluarga yang sederhana, dan (7) hubungan antar anggota keluarga di dalam keluarga sederhana lebih harmonis daripada di dalam keluarga yang kaya. Selain itu, nilai-nilai atau perilaku positif yang terkandung dalam film Pünktchen und Anton adalah peduli dengan teman, tidak membedakan status sosial, bertanggung jawab, jujur, tidak egois, pemaaf, tidak mudah marah, saling menyayangi antar anggota keluarga, berani dan tegas  mengambil keputusan, dan tidak mudah percaya dengan orang lain.