SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay pada Mata Pelajaran Bahasa Jerman Kelas Lintas Minat SMA Negeri 7 Malang.

Rycco Bagus Prastiko

Abstrak


ABSTRAK

 

rastiko, Rycco Bagus. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay pada Mata Pelajaran Bahasa Jerman Kelas Lintas Minat SMA Negeri 7 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Rizman Usman, M.Pd.

 

Kata Kunci: Penerapan model pembelajaran, Course Review Horay (CRH).

Berdasarkan pengamatan selama Kajian Praktek Lapangan (KPL), pembelajaran bahasa Jerman di kelas sangat membosankan. Salah satu penyebabnya adalah  kurangnya variasi model pembelajaran, oleh karena itu dibutuhkan sebuah model pembelajaran yang menarik agar dapat membantu siswa dalam pemahaman materi. Model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk membantu siswa adalah model pembelajaran kooperatif Course Review Horay (CRH) pada mata pelajaran bahasa Jerman kelas Lintas Minat SMAN 7 Malang.

Tujuan dari penelitian ini (1) mendeskripsikan kegiatan awal, inti, dan akhir penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) bagi siswa kelas X lintas minat bahasa Jerman SMAN 7 Malang, (2) mendeskripsikan tanggapan guru dan siswa pada penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH), dan (3) mendeskripsikan kendala pada penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH).

Jenis penelitian ini adalah deskriptif  kualitatif. Data diambil melalui teknik observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini data berupa aktivitas siswa selama kegiatan belajar mengajar dengan model pembelajaran pada penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dan informasi mengenai respon guru dan siswa terhadap penerapan model pembelajaran ini. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X lintas minat SMAN 7 Malang yang berjumlah 34 orang. Analisis data ini menggunakan analisis data hasil observasi dan analisis data hasil wawancara.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Selain itu, siswa juga mampu berdiskusi dalam kelompok. Penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) efektif dan dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Jerman. Guru dan siswa menunjukkan respon baik selama penerapan pembelajaran ini.