SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Prinsip Pengajaran Handlungsorientierung melalui Penerapan Metode Debat Model Parlemen Australia pada Mata Kuliah Konversation 1

Era Mardhika

Abstrak


ABSTRAK

 

Mardhika, Era. 2016. Prinsip Pengajaran Handlungsorientierung melalui Penerapan Metode Debat Model Parlemen Australia pada Mata Kuliah Konversation 1. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Iwa Sobara, S.Pd, M.A.

 

Kata kunci: Metode pengajaran, prinsip pengajaran tindakan, Metode debat, debat model parlemen Australia, mata kuliah Konversation 1

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode debat model parlemen Australia sebagai salah satu bentuk penerapan prinsip pengajaran tindakan pada mata kuliah Konversation 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data pada penelitian ini diambil dari data hasil observasi dan wawancara. Observasi dilakukan oleh rekan sejawat. Wawancara dilakukan dengan dosen mata kuliah Konversation 1 dan lima mahasiswa offering C pada mata kuliah Konversation 1.

 

Hasil penelitian pada penelitan ini  menunjukkan bahwa metode debat model parlemen Australia dapat diterapkan sesuai dengan hakikat penerapan prinsip pengajaran yang berorientasi tindakan. Hal tersebut dapat dilihat dari aktivitas mahasiswa dan dampak yang dirasakan oleh mahasiswa dan dosen. Dampak yang dirasakan mahasiswa, antara lain yaitu mahasiswa menjadi lebih aktif, lebih responsif, dan lebih komunikatif. Dampak yang dirasakan oleh dosen salah satunya adalah berkurangnya beban fisik dan psikis dalam mengajar. Metode debat model parlemen Australia juga sesuai diterapkan pada mata kuliah Konveration 1 karena dapat meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa.