SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kesalahan Penyusunan Kalimat Kompleks oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Matakuliah Aufsatz II

Herdiana Putri Anggraeni

Abstrak


ABSTRAK

 

Aufsatz II merupakan matakuliah di Prodi Pendidikan Bahasa Jerman di Universitas Negeri Malang yang mengajarkan mahasiswa untuk menulis serta mengembangkan kemampuan siswa untuk membuat berbagai karangan. Meskipun mahasiswa sudah mendapatkan matakuliah tersebut, tetapi mereka masih banyak melakukan kesalahan dalam penulisan. Salah satu kesalahan yang dapat ditemui dalam penulisan adalah kesalahan penyusunan kalimat kompleks, oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan analisis kesalahan penyusunan kalimat kompleks yang dilakukan oleh mahasiswa dalam karangan pada matakuliah Aufsatz II.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam penyusunan kalimat kompleks bahasa Jerman.Dalam penelitian ini digunakanmetode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah karangan mahasiswa dengan tema informeller Brief di seluruh Offering angkatan 2015 Universitas Negeri Malang. Data pada penelitian ini adalah semua kalimat kompleks yang susunannya tidak tepat atau tidak sesuai dengan kaidah bahasa Jerman, yang dibuat oleh mahasiswa dalam karangan.  Peneliti sebagai instrumen utama dalam penelitian ini menggunakan instrumen, yaitu tabel dokumentasi sebagai instrumen pendukung.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih banyak kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam penyusunan kalimat kompleks. Kesalahan tersebut, antara lain: (1) kesalahan tidak ada fungsi predikat dalam penyusunan kalimat kompleks dengan konjungsi koordinatif, (2) kesalahan peletakan verba  dalam penyusunan kalimat kompleks dengan konjungsi koordinatif, (3) kesalahan pembentukan kalimat kompleks dengan konjungsi koordinatif, (4) kesalahan tidak ada fungsi predikat dalam penyusunan kalimat kompleks dengan konjungsi subordinatif, (5) kesalahan peletakan verba dalam penyusunan kalimat kompleks dengan konjungsi subordinatif, (6) kesalahan pemilihan konjungsi dalam penyusunan kalimat kompleks dengan konjungsi subordinatif, (7) kesalahan pembentukan kalimat kompleks dengan konjungsi subordinatif, (8) kesalahan penyusunan kalimat kompleks dengan satzwertige Konstruktionen um..zu infinitif, dan (9) kesalahan tidak ada tanda baca koma dalam penyusunan kalimat kompleks.