SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Strategi Belajar Membaca Mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Pada Matakuliah Arbeit am Text

Siti Nur Asiah

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi yang digunakan oleh mahasiswa pada keterampilan membaca terutama strategi sebelum, selama, dan setelah, baik strategi langsung maupun strategi tidak langsung. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu 18 mahasiswa matakuliah Arbeit am text. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan dalam membaca mahasiswa menggunakan strategi membaca sebelum, selama dan setelah, baik strategi langsung maupun strategi tidak langsung. Strategi membaca yang baik digunakan mahasiswa dalam membaca adalah strategi membaca judul, melihat gambar, membaca sekilas atau scanning, mengingat kosakata baru dan menarik kesimpulan. Walaupun demikian, terdapat beberapa mahasiswa menggunakan strategi yang tidak baik dalam membaca, misalnya menggarisbawahi kata-kata yang sulit kemudian mencari di dalam kamus, mencermati dan memahami setiap kata demi kata, dan melihat panjangnya bacaan (Zeile).