SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Visualisasi Materi pada Matakuliah Evaluasi Pengajaran Bahasa Jerman di Jurusan Sastra Jerman

Riesta Harsalinda

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman mahasiswa dalam pembelajaran matakuliah Evaluasi Pengajaran Bahasa Jerman dengan menggunakan teknik visualisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu video visualisasi, bahan latihan, angket,dan dokumen.

 

Materi Tes Kompetensi Kebahasaan Produktif, Reseptif, dan Sastra disajikan dalam bentuk video. Isi materi ditampilkan dengan variasi warna, ukuran huruf, gambar, ilustrasi, dan audio. Hasil dari penelitian ini yaitu ketiga mater tersebut dipahami dengan baik oleh mahasiswa karena tampilan visualisasi yang disajikan menarik dan jelas, penyusunan alur materi yang runtut, dilengkapi dengan contoh, dan latihan. Hal tersebut membuat materi  menjadi semakin mudah dipahami.