SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Pembelajaran Karussell untuk Keterampilan Berbicara Mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang

Widyani Dhuha Blettia

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran Karussell dalam matakuliah Konversation I, mendeskripsikan respon mahasiswa dan dosen terhadap penerapan metode pembelajaran Karussell pada matakuliah Konversation I, serta kelebihan dan kekurangan penerapan metode pembelajaran Karussell dalam matakuliah Konversation I. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah 16 mahasiswa offering A angkatan 2015 dan seorang dosen bahasa Jerman. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Karussell dalam matakuliah Konversation I berjalan dengan baik. Mahasiswa terlihat antusias dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Kelebihan dari metode pembelajaran Karussell adalah mahasiswa menjadi lebih aktif dalam berbicara bahasa Jerman. Metode ini membantu mahasiswa memahami materi yang diajarkan. Kekurangan dari metode ini adalahmembutuhkan ruang yang luas dan mahasiswa harus memiliki pengetahuan awal mengenai tema yang akan dibicarakan.