SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Treasure Clues pada Mata kuliah Telaah Pranata Masyarakat Jerman II di Jurusan Sastra Universitas Negeri Malang

Delvia Nanda Asriyanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Treasure Clues serta kelebihan dan kekurangan model pembelajaran tersebut pada matakuliah Telaah Pranata Masyarakat Jerman II. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Offering A angkatan 2016 Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang yang mengikuti matakuliah Telaah Pranata Masyarakat Jerman II.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara.

 

Hasil  penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Treasure Clues membuat pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Hal ini ditunjukkan dengan respon mahasiswa yang aktif dalam mengerjakan tugas dan dapat berkreasi dalam pembelajaran. Mahasiswa juga saling berinteraksi dengan teman sejawat tentang materi yang diberikan. Mahasiswa juga berpendapat mereka dapat bermain serta belajar dalam proses pembelajaran.