SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan RPP Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Jerman Di SMAN 7 Malang

Galih Tego Saputra

Abstrak


ABSTRAK

 

Saputra, Galih Tego. 2016. Penerapan RPP Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Jerman Di SMAN 7 Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: Dr. Primardiana H.W., M.Pd.

 

Kata Kunci: Kurikulum 2013, RPP, Pembelajaran Bahasa Jerman.

 

 

 

Kurikulum 2013 merupakan penyempurnaan dari Kurikulum  Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan tepat pada bulan Juli 2013 mulai diberlakukan di sekolah. Masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam menerapkan RPP Kurikulum 2013. Hal ini disebabkan  pemahaman guru pada Kurikulum 2013 masih kurang.

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan mendiskripsikan persiapan guru ketika akan memulai pembelajaran dan penerapan RPP Kurikulum 2013 dalam pembelajaran Bahasa Jerman di SMAN 7 Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskritif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi dan data hasil wawancara terhadap guru mata pelajaran bahasa Jerman SMAN Malang.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan RPP Kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Jerman di SMAN 7 Malang dilihat dari aspek persiapan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran, dikategorikan sudah baik. Guru sudah menerapkan RPP Kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Jerman dan guru sudah melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah disusun. Akan tetapi dalam komponen RPP masih terdapat beberapa kekurangan yaitu dalam menjelaskan uraian kegiatan, penurunan Indikator, media dan dalam penilaian. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru juga masih menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar. Oleh karena itu, guru diharapkan lebih teliti, kreatif, telaten, dan lebih sering menggunakan bahasa Jerman dalam pembelajaran.