SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan media Chinese Scrabble untuk Melatih Penguasaan Kosakata HSK 2 Bahasa Mandarin kelas XI lintas Minat SMAN 6 Malang SMAN

SARI WIDYA PANGESTIKA

Abstrak


ABSTRAK

Pangestika, Sari Widya. 2016. Pengembangan Media Chinese Scrabble untuk Melatih Penguasaan Kosakata HSK 2 Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI Lintas Minat SMAN 6 Malang. Skripsi, Prodi Bahasa Mandarin, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang: Pembimbing: Iwa Sobara, S. Pd, M.A

Kata Kunci: Pengembangan, media, Chinese Scrabble, kosakata, bahasa Mandarin

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu media yang dapat dijadikan sarana dalam berlatih kosakata bahasa Mandarin siswa kelas XI lintas minat. Pengembangan media Chinese Scrabble termasuk dalam media visual karena berupa benda nyata. Penelitian dan pengembangan dalam produk ini, menggunakan model pengembangan milik Borg and Gall, yang kemudian dari 10 tahap penelitian pengembangan dimodifikasi menjadi tujuh tahap penelitian sesuai dengan kebutuhan peneliti, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain produk, (5) revisi desain produk, (6) uji coba produk, dan (7) revisi produk akhir.

Chinese Scrabble ini terdiri dari beberapa komponen, yakni papan scrabble, kartu hanzi, keping huruf, dan tatakan huruf. Semua komponen tersebut telah divalidasi oleh ahli media, agar media yang dihasilkan dapat menarik siswa dan sesuai kebutuhan siswa. Kemudian untuk materi yang digunakan dalam kartu hanzi di ambil dari kosakata HSK 2 yang sebagian besar kosakata telah dipelajari siswa dan sesuai dengan tema untuk kelas XI yakni tema “keluarga”dan “kehidupan sehari-hari”, sehingga siswa tidak merasa kesulitan dalam permainan. Namun, kosakata HSK 2 tidak semuanya dipakai dalam kartu Hanzi, karena kosakata yang digunakan disesuaikan dengan kemampuan siswa.jumlah kosakata yang digunakan untuk kartu Hanzi berjumlah 150 Hanzi.  Materi Chinese Scrabble telah divalidasi oleh ahli media, kemudian materi yang ada di kartu Hanzi telah dinyatakan sesuai dengan kemampuan siswa kelas XI lintas Minat.

 

Uji coba media ini telah dilaksanakan di SMAN 6 Malang pada bulam Agustus 2016 lalu. Dari uji coba yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media Chinese Scrabble ini, sudah layak digunakan untuk pembelajaran kosakata bahasa Mandarin. Selain itu, media Chinese Scrabble mampu menarik minat siswa dalam belajar bahasa Mandarin. Siswa termotivasi untuk mengingat dan menghafal kosakata yang telah mereka pelajari agar mendapatkan skor yang tinggi. Dengan dikembangkannya media Chinese Scrabble diharapkan agar proses belajar bahasa Mandarin dapat lebih efektif.