SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI 2D TENTANG KOMPETENSI MENGGAMBAR FLORA, FAUNA DAN ALAM BENDA UNTUK SISWA KELAS VII SMP

habibur rohman BURHAN habibur

Abstrak


Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar yang dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan pelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Kurangnya media pembelajaran dan guru kurang bisa membuat media pembelajaran mengingat pentingnya media pembelajaran sebagai penunjang proses belajar mengajar. Dalam pembelajaran seni budaya khususnya pada kompetensi menggambar flora, fauna dan alam benda, media pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting. Tujuan peneliti ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis animasi 2d mengenai menggambar flora, fauna dan alam benda.

 

Model penelitian yang digunakan adalah model Five D dari Moeljadi Pranata (2012) yaitu (1) define, (2) data, (3) design, (4) develop, dan (5) disseminate. Produk final diuji kelayakannya oleh 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi dan 20 orang subjek uji coba kelompok kecil yakni siswa kelas VII SMP. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen yang berupa kuisioner dengan jenis angket yang hasilnya dianalisis dengan menggunakan teknik persentase yang kemudian dikonversikan dengan tabel kriteria kelayakan.

Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan ini sangat layak digunakan untuk kegiatan belajar mengajar di kelas dengan rerata 84%. Dari validasi ahli materi dihasilkan rerata 88%.Selain uji validasi, uji coba lapangan juga menunjukan hasil positif dengan persentase 92 % yang artinya masuk dalam kategori sangat valid dan sangat layak untuk digunakan. Pengembangan ini telah menghasilkan media pembelajaran berbasis animasi 2d tentang kompetensi menggambar flora, fauna dan alam benda untuk siswa kelas VII di SMP dengan spesifikasi sebagai berikut: (a) menggunakan software Adobe FlashCS3,(b) isi produk : kompetensi menggambar flora, fauna dan alam benda, objek gambar, teknik gambar dan animasi flora, fauna dan alam benda, (c) pewarnaan full color, (d) menggunakan bahasa Indonesia (e) dikemas dalam bentuk CD (digital).

Berdasarkan hasil pengembangan, dapat disarankan bagi pengembang produk yang sama, agar dapat dilakukan dengan uji coba secara berulang-ulang pada subjek yang lebih besar dan diharapkan pengembang selajutnya dapat mengembangkan media dengan materi selanjutnya dari karya menggambar flora, fauna dan alam benda