SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Teknologi Informasi sebagai Sumber Belajar Mandiri Bahasa Jerman oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang

Adam Budiansyah

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Budiansyah, Adam. 2016. Penggunaan Teknologi Informasi sebagai Sumber Belajar Mandiri Bahasa Jerman oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang.Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Rizman Usman, M.Pd.

Kata Kunci:Teknologi informasi, sumber belajar mandiri, mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jerman

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknologi informasi sebagai sumber belajar mandiri bahasa Jerman oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang. Data pada penelitian ini berupa angka sehingga peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Variabel pada penelitian ini adalah variabel tunggal yang diturunkan menjadi lima indikator antara lain; (1) penggunaan perangkat teknologi informasi untuk belajar bahasa Jerman;(2) cara mahasiswa mendapatkan akses internet untuk belajar bahasa Jerman; (3) penggunaan sarana internet Mediothek untuk belajar bahasa Jerman; (4) penggunaan media website untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Jerman; dan (5) penggunaan media perangkat lunak untuk meningktakan keterampilan berbahasa Jerman. Untuk menguji validitas dan reliabilitas lembar kuesioner peneliti menggunakan aplikasi SPPS for Windows 23. Analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif.

 

Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) sebagian besar mahasiswa menggunakan telepon pintar sebagai perangkat teknologi informasi merekauntuk belajar bahasa Jerman (90%); (2)sebagian besar mahasiswa berlangganan paket data belajar bahasa Jerman di internet (87%); (3)mahasiswa sangat sering menggunakan fasilitas internet di Mediothek untuk belajar bahasa Jerman (83%); (4) persentase paling banyak pada penggunaan  media website oleh mahasiswa adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara (64%); (5) persentase terbanyak pada penggunaan media perangkat lunak atau aplikasi adalah digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara (70%).