SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Write Around pada Matakuliah Aufsatz I di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang

FADIA RIZKY HANIFAH.

Abstrak


Hanifah,FadiaRizky. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Write Around pada Mata kuliah Aufsatz I di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: IwaSobara, S.Pd., M.A.

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, Write Around, keterampilan menulis

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan mengidentifikasi kendala dalam penerapanmodel pembelajaran kooperatif Write Around. Model pembelajaran kooperatif tersebut merupakan model pembelajaran yang melatih mahasiswa menulis karangan dengan cara menulis secara berputar di dalam kelompok sesuai waktu yang telah ditentukan. Setelah beberapa putaran, mahasiswa diberi waktu untuk merevisi kembali hasil karangannya.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini, 27 Mahasiswa Sastra Jerman Angkatan 2015 kelas B menjadi sumber data. Data pada penelitian ini diperoleh dari angket, observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif Write Around membuat proses pembelajaran menyenangkan. Mahasiswa juga beranggapan bahwa model pembelajaran kooperatif Write Around dapat mengasah kreativitas mereka dalam menulis dan dapat diterapkan pada matakuliah Aufsatz I. Namun, masih ditemukan beberapa kendala terkait penerapan model pembelajaran kooperatif Write Around, yaitu waktu yang kurang, pembagian kelompok, dan mahasiswa kurang memperhatikan ortografi, koherensi dan tatabahasa dalam menulis karangan. Namun secara keseluruhan karangan mahasiswa sesuai dengan tema Mein Haustier.