SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here pada Mata Kuliah Literaturgeschichte di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang

Nurul Khasanah.

Abstrak


Khasanah, Nurul. 2016. PenerapanMetodePembelajaran Everyone Is A Teacherpada Mata Kuliah Literaturgeschichtedi Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, FakultasSastra, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: IwaSobara, S.Pd., M.A.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Metode Diskusi, Everyone Is A Teacher Here, Literaturgeschichte

Metode pembelajaran merupakan cara yang digunakan oleh pengajar dalam sebuah proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, pengajar membutuhkan metode pembelajaran yang tepat agar materi dapat tersampaikan dengan baik, sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai. Namun, pada kenyataannya tidak semua metode pembelajaran dapat membuat mahasiswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Olehkarenaitu, peneliti menerapkan metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here pada mata kuliah Literaturgeschichtese bagai salah satu metode pembelajaran aktif. Metode tersebut mampu mengaktifkan pikiran mahasiswa selama proses perkuliahan berlangsung. Dalam penerapannya, mahasiswa melontarkan sebuah pertanyaan dan memberikan jawaban terkait dengan materi yang sedang dipelajari, kemudian proses tanya-jawab diakhiri dengan diskusi.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here pada mata kuliah Literaturgeschichte di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang dan mengetahui bagaimana respon mahasiswa terhadap penerapan metode tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah mahasiswa kelas B angkatan 2014 yang berjumlah 14 orang. Data penelitian diambil melalui beberapa instrumen penelitian, yaitu instrumen utama berupa lembar observasi dan lembar kuesioner mahasiswa dan instrumen pendukung berupa dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan, bahwa penerapan metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Herepada mata kuliah Literaturgeschichte berjalan dengan baik. Metode pembelajaran ini dapat membuat mahasiswa aktif dan antusias dalam proses perkuliahan. Metode tersebut juga mampu membantu meningkatkan pemahaman mahasiwa terhadap materi perkuliahan yang sedang dipelajari.