SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Permainan Kakerlakenschule untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Kelas X MIPA 3 SMA Negeri 7 Malang

Monica Waravindra Purnama

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media permainan Kakerlakenschule untuk keterampilan berbicara bahasa Jerman kelas X MIPA 3 SMAN 7 Malang. Model penelitian dan pengembangan menggunakan modifikasi model penelitian Borg & Gall (1983) dan Sugiyono (2012), yaitu pengumpulan data, desain produk, uji validasi,  revisi desain, uji coba lapangan, revisi produk, dan produk akhir. Penelitian dan pengembangan media menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa lembar angket. Produk pengembangan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Produk pengembangan diujicobakan pada siswa kelas X MIPA 3 SMAN 7 Malang.

Setelah dilakukan prosedur penelitian, dihasilkan sebuah produk yang dinamai Kakerlakenschule, produk berupa 6 set kartu dengan ukuran  6cm x 9cm. Setiap set kartu terdiri dari 66 kartu, yang bergambar: tas, gunting, bolpoin, jam, pensil, dan penghapus yang masing-masing sebanyak 10 kartu dan 6 kartu bergambar Kakerlaken sebagai joker. Selain itu dihasilkan juga petunjuk penggunaan terdiri dari 4 halaman.

Berdasarkan hasil angket media, media ini valid dengan persentase 80%. Hasil angket ahli materi 1 dan 2 media ini valid dengan perolehan masing-masing persentase 85% dan 83%. Dari ketiga hasil angket diperoleh rata-rata persentase sebesar 82,7%. Hasil angket uji coba siswa kelas X MIPA 3 ini valid dengan persentase sebesar 85%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media permainan Kakerlakenschule dapat dinyatakan valid dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran di kelas khususnya keterampilan berbicara tema Schule.