SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Bahasa Jerman Kelas X (Program Pilihan) SMA Negeri dan Swasta Kota Malang

Ita Palupi

Abstrak


Kurikulum pendidikan di Indonesia saat ini adalah Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (KTSP) atau kurikulum 2006 yang menggunakan pendekatan
berbasis kompetensi. RPP memegang peranan penting dalam mempersiapkan
proses pengajaran yang efektif. Pembelajaran dalam mata pelajaran bahasa
Jerman akan efektif apabila guru diberi kebebasan dalam menyusun RPP yang
nantinya akan berdampak pada penerapannya. Keefektifan tersebut dapat tercapai
apabila penyusunan RPP tersebut bersifat operasional.
Penelitian ini berupa analisis RPP bahasa Jerman kelas X semester gasal
periode 2007/ 2008 dengan tema Identitas Diri dari empat SMA Negeri dan satu
SMA Swasta Kota Malang, yaitu SMAN 1, SMAN 6, SMAN 7, SMAN 8, dan
SMA Laboratorium UM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
operasionalisasi RPP mata pelajaran bahasa Jerman dengan tema Identitas Diri di
kelas X SMA Negeri dan Swasta kota Malang untuk kompetensi mendengarkan,
berbicara, membaca, dan menulis dengan menggunakan metode penelitian
deskriptif kuantitatif. Jumlah RPP yang terkumpul sebanyak lima puluh lima buah
dianalisis dengan menggunakan instrumen check list yaitu berupa Rubrik
Penilaian Kemampuan Menyusun RPP.  
Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa operasionalisasi RPP mata
pelajaran bahasa Jerman untuk kompetensi mendengarkan berkriteria tiga RPP
berkriteria operasional (B) dan empat RPP berkriteria kurang operasional (D).
Tiga RPP berkriteria sangat operasional (A), dua RPP berkriteria operasional (B),
sembilan lainnya berkriteria kurang operasional (D) untuk kompetensi berbicara.
Untuk kompetensi membaca, sepuluh RPP berkriteria cukup operasional (C) dan
lima belas RPP berkriteria kurang operasional (D) sedangkan untuk kompetensi
menulis, satu RPP berkriteria operasional (B) dan delapan RPP berkriteria kurang
operasional (D). 
Berdasarkan hasil penelitian di atas, saran yang dapat diajukan adalah
untuk mengoptimalkan operasionalisasi RPP, yaitu dengan melihat Rubrik
Penilaian Kemampuan Menyusun RPP dan kurikulum bahasa Jerman 2006.