SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Penggunaan Media Film „Hallo aus Berlin“ terhadap Kemampuan Menulis Siswa Kelas XI Bahasa di SMAN 7 Malang.

Atik Sulistyowati

Abstrak


Proses pembelajaran bahasa Jerman meliputi empat keterampilan berbahasa
yaitu berbicara, membaca, mendengar, dan menulis yang diajarkan secara terintegrasi.
Saat ini di SMAN 7 Malang telah melengkapi 11 kelasnya dengan media audiovisual
termasuk kelas XI Bahasa. Dari hasil wawancara dengan guru bahasa Jerman SMAN 7
Malang diketahui bahwa dari empat keterampilan berbahasa yang diajarkan,
keterampilan menulis perlu mendapat perhatian utama, karena hasil tes menulis siswa
masih banyak yang memperoleh nilai di bawah Standar Ketuntasan Minimal Belajar
(SKMB): 75. Hal ini disebabkan oleh penggunaan media dalam pembelajaran menulis
masih kurang maksimal. Dari beberapa pilihan media yang dapat digunakan dalam
pembelajaran antara lain media film. Dalam penelitian ini media film berjudul „Hallo
aus Berlin“ dipilih karena ungkapan-ungkapan yang digunakan adalah ungkapan
komunikatif yang mudah dimengerti dan isi cerita yang disajikan merupakan tema-tema
kehidupan siswa sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan pembelajaran
keterampilan menulis menggunakan media film “Hallo aus Berlin” bagi siswa kelas XI
Bahasa SMAN 7 Malang, mendeskripsikan koherensi dan kesesuaian penggunaan
bahasa pada karangan siswa kelas XI program Bahasa untuk karangan bertema “Wir”,
dan mendeskripsikan efektivitas penggunaan media film “Hallo aus Berlin” terhadap
kemampuan menulis siswa kelas XI Bahasa SMAN 7 Malang.
  Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif.
Data diperoleh dari nilai menulis siswa, kuesioner, dan observasi. Kuesioner selama
penelitian diisi oleh guru bahasa Jerman dan siswa kelas XI Bahasa setelah
pembelajaran berlangsung untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan media film
“Hallo aus Berlin” terhadap kemampuan menulis. Data dalam bentuk tes, kuesioner,
dan  pedoman observasi dianalisis dengan nilai. 
Dari hasil tes menulis siswa dapat diketahui bahwa terdapat 7 orang siswa yang
mendapatkan nilai dalam rentang 76 - 100, nilai tersebut adalah 90, 85, dan 80. Dari
nilai tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media film “Hallo aus Berlin”
terhadap kemampuan menulis adalah sangat efektif, oleh karena itu, peneliti
menyarankan kepada guru bidang studi bahasa Jerman di SMA untuk menggunakan
media film “Hallo aus Berlin” sebagai salah satu alternatif media pembelajaran bahasa
Jerman dengan disertai rencana pembelajaran yang baik, sedangkan  kepada peneliti lain
yang ingin mengembangkan penelitian sejenis dapat menggunakan media ini untuk
kemampuan mendengarkan dan berbicara.