SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Bahan Ajar „Bahan Ajar Bahasa Jerman“ Kelas X SMA Negeri 1 Malang

Ika Widianti

Abstrak


Guru bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Malang menggunakan sebuah bahan
ajar yang disusun sendiri dari berbagai macam buku ajar. Penyusunan bahan ajar ini
sesuai dengan kebutuhan siswa. Bahan ajar ini diambil dari banyak buku ajar, antara
lain: Kontakte Deutsch, Genial, Berliner Platz dan Themen Neu. Penyusunan
sebuah bahan ajar harus memperhatikan pedoman penyusunan bahan ajar. Hal itu
berarti bahwa bahan ajar yang digunakan harus memenuhi kriteria-kriteria bahan
ajar, yaitu: materi pembelajaran, tema, penilaian dan kompetensinya relevan dengan
Kurikulum. Oleh karena itu penulis ingin lebih mengetahui apakah kompetensi
dasar, standar kompetensi dan materi yang ada dalam „Bahan Ajar Bahasa  Jerman“
sesuai dengan Kurikulum 2006.  
  Metode dokumentasi digunakan dalam penelitian ini, karena penulis
melakukan analisis isi. Data-data dalam penelitian ini adalah standar kompetensi,
kompetensi dasar, dan materi yang ada dalam „Bahan Ajar Bahasa Jerman Kelas X“
dan Kurikulum 2006. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai
pengumpul data dengan bantuan tabel analisis. Data-data disusun ke dalam tabel
untuk memudahkan klasifikasi dan analisis.  
  Hasil penelitian antara lain: (1) „Bahan Ajar Bahasa Jerman Kelas X“ sesuai
dengan Kurikulum 2006 dalam hal standar kompetensi, (2) Kompetensi Dasar dalam
„Bahan Ajar Bahasa Jerman“ sesuai dengan Kurikulum 2006, (3) uraian materi
dalam „Bahan Ajar bahasa Jerman“ ini telah sesuai dengan Kurikulum 2006 dalam
hal teks keterampilan berbahasa, ungkapan, struktur dan kosakata, meskipun tidak
semua ungkapan, struktur dan kosakata dalam „Bahan Ajar Bahasa Jerman Kelas X“
terdapat dalam Kurikulum 2006 dan terdapat tema yang seharusnya ada di kelas XI
berdasarkan Kurikulum 2006, yaitu tema Familie. Secara keseluruhan, bahan ajar
ini dapat digunakan sebagai suatu sumber materi bahasa Jerman untuk
mengembangkan materi-materi pembelajaran siswa kelas X.  
  Saran-saran dalam penelitian ini adalah: (1) para guru bahasa Jerman
sebaiknya dapat memilih materi secara selektif dan dapat menggunakan „Bahan Ajar
Bahasa Jerman Kelas X“ ini dalam proses belajar mengajar, (2) penyusun „Bahan
Ajar Bahasa Jerman Kelas X“ seyogyanya mengembangkan dan merevisi kembali
bahan ajar ini serta harus mengikuti tema-tema yang ada dalam Kurikulum 2006,
dan (3) para peneliti selanjutnya dapat menggunakan sudut pandang penelitian yang
berbeda misalnya; bagaimana penggunaan „Bahan Ajar Bahasa Jerman“ di dalam
kelas, sehingga kualitas bahan ajar dapat dinilai dari perspektif yang berbeda.