SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Bahan Ajar Themen Neu pada Matakuliah Deutsch 1-4.

Rizqa Ariyani

Abstrak


Themen Neu adalah salah satu dari sekian banyak bahan ajar yang terdapat di jurusan Bahasa Jerman di Universitas Negeri Malang. Hingga sekarang jurusan ini tetap menggunakan bahan ajar Themen Neu walaupun bahan ajar ini telah diterbitkan sebelum pedoman-pedoman pengaturan bahasa Eropa (europäischer Referenzrahmen). Sebuah bahan ajar yang sesuai adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk tujuan pengajaran. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui apakah Themen Neu masih sesuai dengan mata kuliah Deutsch dan apakah tema-tema, tata bahasa dan kemampuan berbahasanya masih sesuai dengan pedoman-pedoman pengaturan bahasa di Eropa (europäischer Referenzrahmen)        

            Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kesesuauan tema-tema, tata bahasa dan kecakapan berbahasa yang ada di Themen Neu dengan mata kuliah Deutsch dan pedoman-pedoman pengaturan bahasa di Eropa (europäischer Referenzrahmen).

Metode Dokumentasi yang digunakan dalam penelitian ini, karena metode ini dapat menjadi metode utama jika penulis melakukan suatu analisis isi. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tema-tema, tata bahasa dan kemampuan berbahasa yang ada di dalam Themen Neu, mata kuliah Deutsch dan pedoman-pedoman pengaturan bahasa di Eropa (europäischer Referenzrahmen) (sebagai data primer) dan sebagai instrumen penelitiannya adalah tabel atau daftar.

            Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tema-tema dan kemampuan berbahasa yang terdapat dalam Themen Neu masih relevan dengan tema-tema dan kemampuan berbahasa yang terdapat dalam pedoman-pedoman pengaturan bahasa di Eropa (europäischer Referenzrahmen). Tema-tema dan kemampuan berbahasa tersebut juga sesuai dengan mata kuliah Deutsch. Hal itu berarti bahwa bahan ajar Themen Neu dapat memenuhi kriteria bahan ajar yang baik, walaupun tidak semua kategori-kategori tata bahasa di bahan ajar Themen Neu terdapat di pedoman-pedoman pengaturan bahasa di Eropa (europäischer Referenzrahmen).

            Dari hasil penelitian di atas dapat diberikan beberapa saran untuk dosen-dosen bahasa Jerman, antara lain: Dosen-dosen seharusnya (1) mencari teks-teks yang aktual. Mereka tidak perlu mengganti teks-teks yang lama dengan teks-teks yang akual tersebut, melainkan teks yang aktual tersebut hanya sebagai pembanding agar informasi-informasi yang tidak aktual lagi dapat diketahui oleh mereka; (2) mencari teks-teks dengan tema-tema serta tata bahasa yang sesuai; (3) mengajarkan tata bahasa sesuai dengan tingkatannya dan (4) tetap mengajarkan tata bahasa yang tidak sesuai, walaupun tata bahasa tersebut tidak terdapat di pedoman-pedoman pengaturan bahasa di Eropa (europäischer Referenzrahmen).