SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2006

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Belajar Mandiri Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Jerman Pada Mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang

Gunawan Gunawan

Abstrak


Kemandirian dalam belajar merupakan keharusan dalam pendidikan saat ini. Kemandirian belajar dalam diri pelajar dipengaruhi oleh motivasi pada diri mereka sendiri. Motivasi untuk belajar akan semakin besar, jika mereka tahu tujuan belajar. Pada jenjang pendidikan tinggi, mahasiswa memiliki kebebasan untuk menentukan apa yang akan dipelajarinya selama satu semester. Kebebasan ini akan membuat mahasiswa lebih aktif belajar mandiri. Motivasi yang tinggi dalam belajar akan menghasilkan prestasi belajar yang memuaskan.

Berdasar pada alasan tersebut, perlu adanya penelitian untuk mengkaji kemandirian mahasiswa dalam belajar. Adapun tujuannya untuk: (1) mengetahui tingkat kemandirian dalam belajar pada mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang; (2) mengetahui prestasi belajar bahasa Jerman mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang; dan (3) membuktikan ada tidaknya pengaruh belajar mandiri terhadap prestasi belajar bahasa Jerman mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini dirancang sebagai penelitian korelasional, dengan mengkorelasikan belajar mandiri sebagai variabel bebas dan prestasi belajar bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Prestasi belajar bahasa Jerman dilihat dari nilai ujian ZIDS (Zertifikat für Indonesische Deutsch-Studenten). Dari 2 angkatan, 2002 dan 2003, sebagai populasi dalam penelitian ini, diambil 39 orang mahasiswa sebagai sampel penelitian dengan cara Purposive Sample. Purposive Sample adalah teknik pemilihan sampel yang dilakukan berdasarkan pertimbangan dan syarat-syarat yang telah ditentukan.

Dari hasil analisis data dengan menggunakan analisis regresi linear diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh variabel bebas yang secara signifikan terhadap variabel terikat. Hal ini bisa dibuktikan dengan nilai R hitung sebesar 0,859 yang mendekati angka satu dengan nilai signifikansi 0,000. sedangkan besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dapat dilihat dari nilai R Square sebesar 0,738 yang berarti bahwa besar pengaruh tersebut adalah 73,8%.

Dari hasil penelitian ini, saran yang dapat diberikan antara lain: (1) bagi dosen, hendaknya mengajarkan kepada pelajar kemampuan untuk belajar, kemampuan untuk berpikir dan strategi yang memacu disiplin diri dalam belajar dengan cara memberikan tugas-tugas yang mendorong mahasiswa lebih aktif belajar mandiri, (2) bagi mahasiswa, hendaknya memiliki media belajar yang mendukung kegiatan perkuliahan dan menggunakan media belajar tersebut sesering mungkin, dan (3) hendaknya mahasiswa sadar untuk lebih aktif  belajar mandiri sehingga mendapatkan prestasi belajar yang baik.