SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2006

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kesalahan Analisis Kalimat Bahasa Jerman dengan Menggunakan Baumdiagramm oleh Mahasiswa Angkatan 2003/2004 pada Mata Kuliah Deutsche Syntax

Nilar Nistaka Esti Viyana

Abstrak


Baumdiagramm adalah salah satu teknik dalam penganalisisan kalimat bahasa Jerman yang diberikan pada mata kuliah Deutsche Syntax. Pada penganalisisan tersebut diperlukan pemahaman terhadap kelas kata dan jenis frase dalam bahasa Jerman. Tetapi pada kenyataannya, mahasiswa kurang memahami kelas kata maupun struktur kalimat bahas Jerman, sehingga ditemukan banyak kesalahan dalam penganalisisan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan dan kesulitan yang dialami mahasiswa angkatan 2003/2004 dalam menganalisis kalimat bahasa Jerman dengan menggunakan Baumdiagramm. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menyempurnakan program perkuliahan Deutsche Syntax di masa mendatang.

            Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif, sedangkan teknik yang dipakai adalah teknik observasi dan dokumentasi. Data penelitian yang berupa hasil analisis kalimat bahasa Jerman dengan menggunakan Baumdiagramm ini, dianalisis oleh mahasiswa angkatan 2003/2004 yang berjumlah 35 orang. Data tersebut diperoleh dari tugas-tugas dan Ujian Akhir Semester.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada data yang dianalisis mahasiswa, masih terdapat banyak kesalahan dalam penganalisisan kalimat bahasa Jerman dengan menggunakan Baumdiagramm. Kesalahan-kesalahan tersebut disebabkan karena mahasiswa mengalami kesulitan dalam penganalisisan karena kurang memahami struktur kalimat, kelas kata, dan jenis frase dalam bahasa Jerman.

            Bertitik tolak dari temuan penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat mengurangi kesalahan dan kesulitan mahasiswa antara lain: (1) mahasiswa hendaknya lebih memahami dan mempelajari kelas kata dan jenis frase bahasa Jerman, (2) mahasiswa diharapkan memiliki buku yang relevan dengan materi Baumdiagramm, agar dapat meminimalkan kesulitan-kesulitan tersebut, dan (3) dosen hendaknya lebih sering memberikan materi dan tugas yang berkenaan dengan penganalisisan kalimat bahasa Jerman dengan menggunakan Baumdiagramm.