SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2006

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Gebrauchsanalyse der deutschen Nebensätze bei den Aufsätzen in der Vorlesung Aufsatz II der DeutschstudentInnen des Jahrgangs 2003 an der Staatsuniversität Malang

Vania Edgwandita Dafitri

Abstrak


Dalam bahasa Jerman anak kalimat memegang peranan penting, yang dibedakan dalam berbagai jenis dan mempunyai aturan khusus dalam tata bahasa. Penggunaan anak kalimat dengan benar merupakan suatu kesulitan dalam mempelajari bahasa Jerman bagi para pembelajar yang bahasa ibu-nya tidak mempunyai aturan khusus dalam penyusunan anak kalimat. Beberapa kesalahan dalam penyusuanan anak kalimat dapat ditemukan di karangan yang ditulis oleh mahasiwa Sastra Jerman angkatan 2003 Universitas Negeri Malang. Dari alasan tersebut diatas, maka penulis mengadakan penelitian tentang penggunaan anak kalimat pada karangan mahasiswa Sastra Jerman angkatan 2003, yang bertujuan mendeskripsikan jenis, bentuk dan ketepatan penggunaan anak kalimat pada karangan berbahasa Jerman mahasiswa Sastra Jerman angkatan 2003 Universitas Negeri Malang.

            Metode yang digunakan dalam peneilitian ini adalah Metode Kualitatif. Sumber data penelitian adalah 26 karangan mahasiswa Sastra Jerman angkatan 2003 dan tehnik dokumentasi adalah tehnik yang digunakan saat pengumpulan data. Saat menganalisis data-data diseleksi dan diklasifikasikan, kemudian diuji ketepatannya agar data tersebut valid. Setelah itu dianalisis oleh dua ahli bahasa Jerman, yang keduanya merupakan penutur asing. Ahli pertama adalah seorang Lektor DAAD yang merupakan dosen Bahasa Jerman di Universitas Negeri Malang dan ahli kedua adalah suami peneliti yang berkebangsaan Jerman dan sekarang menetap di Jerman.

            Hasil penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut: (1) Mahasiswa Sastra Jerman angkatan 2003 Universitas Negeri Malang menggunakan 12 macam anak kalimat dalam bahasa Jerman pada karangan mereka, yaitu kalimat dass, kalimat keterangan waktu, kalimat keterangan sebab, kalimat majemuk, kalimat keterangan situasi, kalimat pertentangan, kalimat berkelanjutan, kalimat keterangan cara, kalimat dengan kata dasr dan kalimat keputusan.(dass-Satz,  Temporalsatz, Kausalsatz, Relativsatz, Konditionalsatz, Adversativsatz, Konsekutivsatz, Finalsatz, Konzessivsatz, Modalsatz, Infinitivsatz dan Entscheidungssatz.) (2) Mahasiswa Sastra Jerman angkatan 2003 Universitas Negeri Malang sudah cukup mahir dalam menyusun anak kalimat dalam bahasa Jerman, hal ini dapat dilihat dengan adanya lebih dari separuh total anak kalimat adalah benar. (3) Kesalahan yang dilakukan adalah kesalahan tata bahasa, kesalahan menulis, kesalahan pemilihan kata, kesalahan makna, kesalahan penggunaan ungkapan, kesalahan kata sambung kesalahan tata bahasa dan penulisan, kesalahan tata bahasa dan kata sambung, kesalahan tata bahasa dan pemilihan kata, kesalahan pemilihan kata dan penulisan, kesalahan makna, ungkapan dan kata sambung. Selain itu juga ditemukan adanya pengaruh bahasa ibu dalam pembentukan anak kalimat dalam bahasa Jerman.