SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2006

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Komposisi (Zusammensetzung) dalam majalah JUMA (Jugendmagazin)

Farida Hariyono

Abstrak


Komposisi adalah salah satu jenis pembentukan kata yanng proses morfologi pembentukan katanya dengan menggabungkan dua kata atau lebih sehingga membentuk kata dan makna kata yang baru. Pada matakuliah morfologi, proses pembentukan kata yang berupa komposisi kurang diberikan secara mendalam, sehingga kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap proses pembentukan kata yang berupa komposisi. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menganalisis proses pembentukan kata yang berupa komposisi. Penelitian ini bertujan mendeskripsikan jenis-jenis komposisi dalam bahasa Jerman, pola pembentukan komposisi, dan makna kata setelah mengalami proses komposisi.

            Teori yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu teori Volmert dan teori Vater. Untuk pengklasifikasian data, peneliti menggunakan teori Volmert yang membagi komposisi menjadi empat jenis, yaitu komposisi determinatif, komposisi kopulatif, komposisi posesif, dan interfiks atau fugen komposisi. Sedangkan untuk proses pembentukan komposisi peneliti menggunakan teori Vater.

            Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Sumber data utama yang digunakan adalah majalah JUMA (Jugendmagazin) rubrik Trau Dich edisi April/2004. data dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Kemudian data diseleksi dan diklasifikasikan sesuai dengan jenisnya. Selanjutnya data dianalisis, setelah itu data dikonsultasikan dengan salah satu dosen dari Jurusan Sastra Jerman yang merupakan penutur asli bahasa Jerman.

            Hasil penelitian ini yaitu (1) Terdapat empat jenis komposisi dalam bahasa Jerman, yaitu komposisi determinatif, komposisi kopulatif, komposisi posesif, dan fugen komposisi, (2) Pola yang sering muncul adalah pada komposisi kata benda yang terdapat dalam komposisi determinatif, (3) Makna kata akan berubah setelah mengalami proses komposisi.