SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEKTIVITAS METODE SUGESTI IMAJINASI LAGU DAN GAMBAR PADA KEMAMPUAN MENULIS MATA PELAJARAN BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SMAN 7 MALANG

Rosalia Kusuma Yanuarti

Abstrak


ABSTRAK

 

Yanuarti, Rosalia Kusuma. 2011. Efektivitas Metode Sugesti Imajinasi Lagu dan Gambar pada Kemampuan Menulis Mata Pelajaran Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMAN 7 Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dewi Kartika A., S.Pd, M.Pd (II) Dra. Rosyidah, M.Pd

 

Kata kunci: Metode Sugesti Imajinasi Lagu dan Gambar, Kemampuan Menulis

 

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting. Menulis merupakan keterampilan yang sangat kompleks karena menulis melibatkan fungsi kedua otak, yaitu fungsi kerja otak kiri dan otak kanan. Dalam kegiatan menulis, khususnya dalam pembelajaran bahasa Jerman diperlukan sebuah metode baru yang dapat membangkitkan keinginan siswa atau mempermudah siswa dalam menulis sebuah karangan. Penemuan dan pengembangan berbagai media dan metode belajar menulis dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran. Pembelajaran dengan metode sugesti imajinasi lagu dan gambar bertujuan agar siswa dapat membuat suatu karangan secara runtut sesuai dengan tema yang telah diberikan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode sugesti imajinasi lagu dan gambar pada kemampuan menulis siswa kelas XI SMAN 7 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sugesti imajinasi lagu dan gambar. Dengan metode ini, sugesti diberikan terlebih dahulu kepada siswa, yaitu berupa tayangan gambar-gambar yang sugestif dan runtut. Lagu pengiring yang bertempo lambat turut diputar selama proses pembuatan karangan. Lagu yang diperdengarkan dapat membuat siswa merasa tenang dan tidak merasa bosan mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen murni karena adanya kelas kontrol dan kelas eksperimen yang diambil secara acak. Penelitian ini menggunakan desain static group comparison karena membandingkan nilai rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sampel yang digunakan adalah dua kelas XI SMAN 7 Malang yang diambil secara acak, yaitu kelas XI IPS 3 dan XI IPS 4. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2011.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode sugesti imajinasi lagu dan gambar merupakan metode yang efektif untuk pembelajaran menulis bahasa Jerman. Metode ini terbukti mampu meningkatkan kemampuan siswa untuk menulis kalimat sesuai dengan kaidah tata bahasa Jerman. Siswa dapat menulis Leitpunkte yang sudah tersedia dengan baik dan dapat merangkai antar kalimat menjadi kalimat yang padu. Oleh karena itu, disarankan pada guru mata pelajaran bahasa Jerman untuk menggunakan metode sugesti imajinasi lagu dan gambar sebagai salah satu metode alternatif dalam pembelajaran menulis bahasa Jerman.