SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Kooperatif Struktural Round Table pada Pembelajaran Keterampilan Membaca Bahasa Jerman Kelas X SMA Negeri 1 Batu

tri sulistiyowati

Abstrak


ABSTRAK

 

Sulistiyowati, Tri. 2011. Penerapan Metode Kooperatif Struktural Round Table Pada Pembelajaran Keterampilan Membaca Bahasa Jerman Kelas X SMA Negeri 1 Batu . Skripsi. Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dewi Kartika Ardiyani, S.Pd, M.Pd., (2) Edy Hidayat, S. Pd, M.Hum.

 

Kata kunci: keterampilan membaca, metode kooperatif, struktural Round Table

Membaca merupakan keterampilan berbahasa yang sangat penting, karena membaca merupakan tuntutan realitas dalam kehidupan sehari-hari. Untuk dapat memahami bacaan, pembaca terlebih dahulu harus memahami kata-kata dan kalimat dalam bacaan. Hal ini juga diperlukan ketika seseorang membaca teks bahasa Jerman. Keadaan di lapangan menunjukkan bahwa, ketergantungan siswa pada kamus dalam proses pembelajaran masih tinggi. Kondisi tersebut mengakibatkan siswa cenderung pasif. Berdasarkan hal tersebut, peneliti menerapkan metode kooperatif struktural Ro und Table sebagai metode pengajaran dalam keterampilan membaca.

Dalam metode struktural Round Table, siswa dituntut aktif dalam proses pembelajaran. Setiap siswa di dalam kelompok duduk membentuk lingkaran pada sebuah meja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode kooperatif struktural Round Table pada pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Batu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskripftif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes membaca, dan kuesioner. Sumber data yang digunakan adalah siswa SMA Negeri 1 Batu X-1 tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode kooperatif struktural Round Table membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan metode kooperatif struktural Round Table efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan membaca.

Hal ini terbukti dari hasil tes membaca siswa yang memperoleh nilai rata-rata 87,5, dan hasil tersebut masuk dalam ketegori baik. Semua siswa telah mencapai ketuntasan dalam keterampilan membaca. Oleh karena itu, disarankan pada guru mata pelajaran bahasa Jerman untuk menggunakan metode struktural Round Table. Kepada peneliti selanjutnya, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan pembanding atau referensi untuk penelitian berikutnya yang sejenis untuk keterampilan berbahasa yang lain.